Penyebab Retak Pada Dinding Rumah Anda

Tembok retak merupakan masalah yang dijumpai oleh hampir semua pemilik rumah. Baik di perkotaan, hingga di pedalaman akan selalu mengalami dinding yang retak. Jenis retakan yang ditemui beraneka ragam dikarenakan berhubungan dengan kondisi struktural bangunan. Sebelum melakukan reparasi apapun, anda harus memahami jenis retak pada rumah anda dan apa penyebabnya karena bisa jadi solusinya sangat berbeda. Informasi ini tetap akan berguna walaupun pada akhirnya akan dikerjakan oleh tukang, sebab akan sangat membantu anda dalam menemukan akar permasalahan dalam rumah anda. Sebelum kita memahami penyebab retak pada dinding rumah anda, ada baiknya kita lebih dahulu mengetahui jenis retakan pada dinding.

Jenis Retak Pada Dinding

Pada umumnya, retak dinding dapat dibagi menjadi 3 yaitu, retak tarik, retak tekan, dan retak susut. Apa saja perbedaannya? Mari kita kupas lebih dalam.

  • Retak Tarik

Retak tarik dapat terjadi karena penurunan permukaan tanah yang tidak serentak. Turunnya permukaan tanah ini menarik konstruksi bangunan diatasnya sehingga terjadi pergeseran dalam struktur sebuah bangunan. Jika penurunan dilakukan secara bersamaan, dampak yang dihasilkan akan lebih ringan. Tetapi jika titik penurunan tidak menentu dan secara bertahap, akan dapat berakibat fatal.

gambar retak tarik pada dinding

  • Retak Tekan

Retak tekan dapat terjadi karena beban yang terlalu berat yang diterima oleh dinding. Retak jenis ini umum terjadi pada bangunan dengan lantai lebih dari satu. Tekanan dapat datang dari atas ataupun bawah. Retak ini umumnya dapat dikenali dengan bentuk retak yang cenderung tegak lurus secara vertical.

gambar retak tekan pada dinding

  • Retak Susut

Retak susut dapat terjadi pada titik temu 2 material yang berbeda. Material yang berbeda memiliki titik susut yang berbeda sehingga menghasilkan tarikan pada lapisan plesteran. Retak susut merupakan jenis retak yang tidak mempengaruhi struktural bangunan sehingga lebih mudah untuk diperbaiki. Jenis retak ini umum ditemui di sudut-sudut pintu atau jendela yang menggunakan kayu.

gambar retak susut pada dinding

Penyebab Retak Pada Dinding

Ada beberapa kemungkinan penyebab retak yang muncul pada dinding anda. Hal ini berpengaruh pada material, tempat, dan jenis bangunan yang anda miliki. Lebih lengkapnya, mari kita kupas bersama.

  1. Lokasi Bangunan

Lokasi bangunan anda berdiri dapat menjadi salah satu penyebab utama munculnya retak pada dinding anda. Anda perlu memperhatikan kondisi tanah bangunan anda. Apakah memiliki tanah gerak, rawa-rawa, atau tanah kering. Bangunan yang berdiri pada tanah rawa atau tanah gerak memiliki potensi dinding retak yang lebih besar karena pergerakan tanah akan menarik dinding anda.

  1. Beban Bangunan Terlalu Berat

Bagi anda yang memiliki rumah atau bangunan bertingkat, kemungkinan faktor ini bisa menjadi penyebab retak pada dinding anda. Tiap bangunan memiliki ketahanan beban tertentu sesuai dengan pondasi yang telah dibangun. Jika beban yang diberikan lebih dari ketahannya, hal ini akan menekan dinding dan membuatnya retak.

  1. Kualitas Material Dinding

pemasangan bata merah

Material yang dipakai sangat berpengaruh pada kekuatan dinding anda. Anda perlu memperhatikan apakah material yang dipakai memiliki kualitas yang bagus dan mampu menahan beban serta tahan akan cuaca. Anda juga perlu memahami perbedaan material yang akan dipakai,baik bata merah, bata ringan ataupun batako.

Baca Juga: Perbandingan Biaya Pemakaian Bata Merah dan Bata Ringan

  1. Proses Acian dan Plester

Acian merupakan proses menutup dinding agar terlihat rapi. Jika dilakukan secara terburu-buru, hasil acian dan plester akan menjadi tipis dan sangat mudah retak. Ideal nya tembok yang sudah berdiri perlu di plester, dan setelah benar-benar kering barulah kita memasang acian.

acian dinding

  1. Campuran Material Bangunan

Dalam proses membangun rumah, banyak diperlukan campuran material agar dapat menghasilkan hasil yang sempurna. Sering kali campuran yang digunakan kurang tepat atau tidak sesuai sehingga hasil nya kurang maksimal. Tetapi dengan bantuan teknologi kontruksi, kita terbantu dengan adanya semen instan. Dengan adanya semen instan, kita dapat menghasilkan material yang konsisten dan mampu memiliki material yang berkualitas.

RK Mortar memiliki berbagai pilihan semen instan sesuai dengan kebutuhan anda dan memiliki hasil yang konsisten. RK-340 merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh RK Mortar, secara spesifik sebagai pasangan bata dan plester. Dibuat dengan bahan pilihan dan melalui proses yang teliti, membuat hasil RK Mortar konsisten dan kualitas unggul. Cek juga halaman produk RK Mortar untuk mendapat informasi yang lebih lengkap.

Baca Juga: Jenis-jenis Mortar Untuk Bata Ringan

proses pembuatan semen plester instan

Demikian artikel mengenai penyebab retak pada dinding rumah anda. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan produk anda. Nantikan terus artikel terbaru dari kami yang akan membahas info seputar bahan bangunan dan industrinya.

KUAT & TERPERCAYA

Whatsapp: 0877-8300-2000

Email: admin@rkmortar.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *