Dinding Semen Ekspos Yang Semakin Menarik Perhatian

Penggunaan material unfinished semakin disukai oleh masyarakat. Selain karena biaya yang lebih murah, material ekspos juga menawarkan estetika dan keindahan yang simple, unik dan natural. Salah satu material ekspos yang sering digunakan adalah Dinding Semen Ekspos. Semen ekspos terbentuk setelah pemasangan bata dan diplester, tanpa harus di cat. Penggunaan dinding semen ekspos tersebut tidak harus untuk penggunaan outdoor saja. Penggunaannya untuk dinding indoor juga menambah kesan natural yang ingin ditonjolkan.

shows the example of a living room

CARA MEMBUAT DINDING SEMEN EKSPOS

  1. Teknik Kamprot (kasar)

Secara garis besar, teknik ini dilakukan dengan melempar atau menyemprotkan semen yang digunakan ke dinding yang akan ditutup. Hasil akhir dinding dapat berupa tekstur kasar atau halus, tergantung alat dan cara yang dipakai. Untuk mendapatkan tekstur kasar, kita menggunakan teknik manual dengan cara mengambil satu sekop berisi campuran semen yang masih berbentuk kasar dan melemparnya menembus kawat ayakan dengan jarak 5-10 CM. Untuk tekstur halus, kita perlu menggunakan alat concrete spraying. Hasilnya akan jauh lebih halus, rapi dan rata.

shows the example of cement wall

(Source: Unsplash)

  1. Teknik Acian

Dengan teknik ini, hasil tembok akan terlihat halus dan licin. Semen dapat ditambahkan material tambahan untuk merubah warna yang dihasilkan. Yang perlu diperhatikan dalam teknik ini adalah munculnya retak rambut. Untuk meminimalisir terjadinya retak rambut, kami memiliki 3 tips yang bisa anda lakukan:

  • Pastikan bata dinding anda basah sebelum memasang semen
  • Gunakanlah semen berkualitas dan pasir yang tidak bercampur dengan tanah untuk plesteran. Setelah terpasang, beri waktu kira-kira 2 minggu sebelum memulai acian.
  • Apabila retak rambut masih terbentuk, tutuplah dengan plamir dengan warna yang sesuai dengan warna dinding.

Baca juga: Produk Semen Instan RK Mortar

shows the example of cement wall inside a room

(Source: Novocom)

  1. Teknik Garuk

Teknik garuk dapat memunculkan pola-pola yang diinginkan kepada tembok, tergantung dari alat yang digunakan. Pola yang dihasilkan dapat berbentuk garis horizontal, vertical, ombak, bergelombang, dan sebagainya. Untuk teknik ini diperlukan ketelitian dan ketekunan yang tinggi.

Demikian penjelasan tentang DINDING SEMEN EKSPOS. Semoga artikel ini menjadi referensi anda dalam memilih bentuk ruangan anda. Jangan lupa untuk selalu memilih yang KUAT & TERPERCAYA

 

 

 

One thought on “Dinding Semen Ekspos Yang Semakin Menarik Perhatian

  1. Pingback: 5 Tips Dekorasi Dengan Dinding Semen Ekspos - RK Mortar Home

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *