5 Tips Dekorasi Dengan Dinding Semen Ekspos

Selain menghemat biaya pembuatan, penggunaan dinding semen ekpos menampilkan kesan yang berbeda dibanding dengan tembok yang dicat pada umumnya. Secara filosofis, akan menampilkan kesan natural, dan kesederhanaan. Tentunya kesan ini tidak semata-mata dapat langsung terpancar tanpa adanya dekorasi dan tatanan ruangan yang baik. Tanpa berlama-lama, langsung cek artikel dibawah ini!

  1. Gunakan Warna Earth Tones atau Warna Netral

Pada dasarnya, dinding semen ekspos akan berwarna abu-abu (terang atau gelap, tergantung campuran). Dengan warna abu-abu dan tekstur unik akan sangat menyatu padu dengan warna-warna bumi atau warna netral. Sebagai contoh, warna hitam, cokelat kayu, putih, olive, atau merah bata dapat menyatu dengan warna abu-abu dari dinding tersebut.

contoh aplikasi warna netral pada dinding semen ekspos

  1. Perhatikan Sumber Cahaya Ruangan

Salah satu kelebihan dinding semen ekspos dibanding tembok cat pada umunya terletak pada tekstur tembok tersebut. Perhatikan sumber cahaya dari ruangan agar dapat menonjolkan tekstur dari tembok anda. Tips dari kami, anda bisa:

  • Menaruh jendela yang cukup besar di ruangan dengan dinding semen ekspos
  • Tambahkan lampu duduk
  • Aplikasikan lampu spot yang menyorot ke dinding, agar tekstur dinding semakin terlihat.

example of cement wall inside a bedroom

Baca Juga: Dinding Semen Ekspos Yang Semakin Menarik Perhatian

  1. Padukan Dengan Warna Yang Lebih Terang

Jika anda bayangkan, ruangan dengan dinding semen dan warna earth tones akan terlihat sangat suram dan membosankan, yang pada akhirnya tidak memunculkan kesan yang kita inginkan. Untuk mencegah hal itu terjadi, tambahkan aksen warna yang lebih terang kepada barang-barang di dalam ruangan tersebut. Bisa juga diaplikasikan pada hiasan ruangan, seperti lukisan, karpet, hingga dekorasi tambahan ruangan.

luxurious living room with cement wall

  1. Usahakan Langit-Langit Berukuran Tinggi

Untuk menghindari kesan sumpek atau suram, ukuran langit-langit usahakan berukuran tinggi. Jika kontruksi langit-langit anda sudah terbentuk dan kurang tinggi, anda dapat mengakalinya dengan menambahkan kaca dan cermin pada tembok anda. Kaca dan cermin menambah kesan luas karena sifatnya yang memantulkan cahaya.

example of dining room with industrial interior

(source Homedesigning.com)

  1. Dicampur Dengan Gaya Industrial

Dinding semen ekspos cocok dengan gaya industrial yang sedang ramai dipakai. Gaya industrial lebih menekankan pada penggunaan material kayu, besi, bahkan barang-barang daur ulang. Mungkin untuk gaya industrial kurang cocok untuk semua kalangan karena kesannya yang rustic.

living room with cement wall

(Source Archiebolden.com)

Demikian 5 TIPS DEKORASI DENGAN SEMEN EKSPOS. Semoga membantu anda dalam menentukan desain ruangan anda dan jangan lupa untuk selalu memilih yang KUAT & TERPERCAYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *