5 Penyebab Lantai Keramik Anda Mengalami Popping

Pernahkah anda mendengar istilah popping? Popping merupakan istilah dalam konstruksi ketika keramik lantai yang sudah dipasangkan menggelembung dan meledak. Iya betul, meledak. Tapi sebelum itu terjadi, keramik akan menggelembung dan terangkat terlebih dahulu. Saat keramik terangkat, kita sudah pasti akan mengetahuinya. Untuk dapat mencegah terjadinya popping, kita terlebih dahulu perlu mengetahui penyebabnya. Mari kita kupas bersama 5 Penyebab Lantai Keramik Popping.

 1.   Rongga Di Bawah Keramik

pemasangan keramik ke semen dengan garis grout

Ketika pemasangan keramik, harus dipastikan keramik sudah melekat ke semen perekat keramik dengan rata. Jika terdapat rongga, udara di bawah keramik dapat memuai dan mendorong keramik ke atas atau ke samping. Jika keramik tidak terpasang rata juga membahayakan pemilik rumah dan menyebabkan keramik mudah retak.

2.   Rembesan Air

rembesan air pada keramik

Rembesan air dapat terjadi karena 2 penyebab. Pertama, karena nat keramik sudah aus dan terkikis oleh waktu. Penyebab kedua, karena pengerjaan oleh tukang yang kurang baik. Pengerjaan yang terburu-buru atau oleh tukang yang kurang berpengalaman dapat memiliki efek yang panjang. Pastikan ketika pemasangan, anda memperhatikan dengan baik agar terhindar.

3.   Struktur Tanah

Pergerakan tanah juga dapat mempengaruhi keramik anda. Jika rumah anda berada di daerah tanah gerak, ada kemungkinan rumah anda ikut terpengaruh. Jika dasar tanah berubah pastinya keramik anda ikut bergerak dan dapat mengakibatkan popping. Pastikan kondisi daerah rumah anda apakah memiliki potensi tanah gerak atau gempa bumi agar dapat mencegah popping.

4.   Beban Berlebih

pemasangan keramik warna hitam

Adanya beban berlebih dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan popping. Hal ini biasa terjadi pada keramik dengan ukuran yang besar. Keramik dengan ukuran besar memiliki bidang penampang yang lebih luas. Yang memiliki resiko patah lebih besar jika terdapat beban berlebih yang tidak rata dalam jangka waktu yang lama. Perhatikan tata lokasi furniture anda agar terhindar dari popping.

5.   Meningkatnya Temperatur

keramik outdoor

Hal ini biasanya terjadi ketika musim panas. Meningkatnya temperature membuat keramik memuai. Jika ada rongga dibawah keramik, udara tersebut juga akan memuai yang dapat meningkatkan resiko keramik anda retak. Jika kualitas keramik yang digunakan kurang baik juga akan mempengaruhi resiko popping pada lantai anda.

Baca Juga: 5 Tips Penggunaan Perekat Keramik Yang Tepat

Demikian artikel mengenai tips penggunaan perekat keramik yang tepat. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan produk anda. Nantikan terus artikel terbaru dari kami yang akan membahas info seputar bahan bangunan dan industrinya.

KUAT & TERPERCAYA

Whatsapp: 0877-8300-2000

Instagram: rkmortar

Email: admin@rkmortar.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *