Alat Untuk Pasang Hebel

Untuk menghasilkan pasangan bata ringan / hebel yang rapi dan bagus tentu saja bergantung pada ketrampilan tukang, dan material yang digunakan. Namun karena bata ringan masih baru bagi tukang, memasang bata ringan membutuhkan alat bantu yang tepat seperti cetok atau trowel, palu karet dan gergaji sangat membantu untuk menghasilkan pasangan bata ringan yang rapi dan bagus. Berikut alat untuk pasang hebel:

  1. Palu Karet

Palu Karet

Berbentuk seperti palu pada umumnya, namun pada bagian kepala palu di lapisi atau dibalut karet. Palu karet digunakan untuk memadatkan mortar yang terpasang pada bata ringan dengan cara dipukulkan secara perlahan dan merata.

  1. Trowel   

Trowel Bergerigi

Merupakan alat bantu pemasangan bata ringan seperti cetok namun mempunyai bentuk yang berbeda, trowel digunakan untuk menghasilkan pasangan mortar pada bata ringan agar lebih rapi, rata dan presisi. Trowel bergerigi mempunyai ukuran yang berbeda yang disesuaikan dengan tebal bata ringan yang digunakan seperti ukuran 7,5 untuk bata ringan tebal 7,5 cm; ukuran 10 untuk bata ringan tebal 10 cm; 12,5 cm untuk bata ringan tebal 12,5 cm; ukuran 15 untuk bata ringan tebal 15 cm.

Baca Juga: Perekat Bata Ringan

  1. Gergaji

Gergaji

Bentuk gergaji yang digunakan dalam pemasangan bata ringan, geriginya lebih kasar dan besar seperti pada alat pemecah es batu. Gergaji digunakan untuk memotong bata ringan agar lebih rapi dan rata. Jika menggunakan gergaji kayu maka gergaji akan lebih cepat aus. Alat untuk pasangan hebel tersebut diatas sudah dapat diperoleh di toko toko bangunan terdekat dengan harga yang relatif murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *